MODUL 3.1.a.7 Demonstrasi Kontekstual

 

MODUL 3.1.a.7  DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran

 Sebagai pemimpin pembelajaran, kita seringkali dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita mengambil suatu keputusan yang tidak merugikan bagi kedua belah pihak. Nah, dalam mengambil kepususan ini kadang kita dihadapkan pada kasus bujukan moral ataukah delima etika. Jika kasus yang kita alami adalah dilemma etika maka harus memperhatian 4 paradigm dilema etika yang digunakan, 3 Prinsip pengambilan keputusan. Serta 9 Langkah dalam mengambil keputusan.

Paradigama dilemma etika yaitu:

1.       Individu lawan masyarakat (individu vs community)

2.       Rasa keadilan lawan rasa Kasihan (justice vc mercy)

3.       Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)

4.       Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)

Prinsip pengambilan keputusan yaitu:

1.       Berfikir berbasis Hasil Akhir (End-Based Thingking)

2.       Berfikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thingking)

3.       Berfikir berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thingking)

Sembilan langkah pengambilan keputusan yaitu:

1.       Mengenali bahwa  ada nilai-nilai yang saling bertentangan

2.       Menentukan siapa yang terlibat

3.       Kumpulan fakta-fakta yang relevan

4.       Pengujian benar atau salah dalam pengujian dan pengambilan keputusan (Uji Legal, Uji Regulasi, Uji  Intuisi, Uji halaman depan koran, dan Uji panutan/Idola)

5.       Pengujian paradigm Benar lawan benar

6.       Lengkah pengujian keputusan (melakukan prinsip resolusi)

7.       Investigasi opsi trilemma

8.       Buat keputusan akhir

9.       Lihat lagi keputusan dan refleksikan

 Berikut ini adalah demosntrasi kontekstual pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran

Bagaimana anda nanti mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal anda?

Cara yang saya lakukan adalah menshare ilmu yang saya dapatkan melalui media social yang saya miliki. Kemudian saya mensosialisasikan pengetahuan saya kepada teman-teman sejawat di sekolah dalam komunitas praktisi atau dalam Kelompok Kerja Guru (KKG).

Apa langkah-langkah awal yang akan anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

Langkah yang pertama saya lakukan adalah menganalisis apakah masalah yang saya hadapi merupakan dilemma etika ataukah bujukan moral. Jika masalah tersebut merupakan bujukan moral, maka saya akan menggunakan 9 prinsip pengambambilan keputusan.

Mulai kapan anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana anda, sehingga anda tidak lupa.

Kapan saya akan menerapkan langkah-langkah tersebut, yaitu pada saat saya berhadapan dengan masalah dilemma etika, bias saja hari ini, besok, lusa atauka minggu depan atau bias saja bulan depan.

Siapa yang akan menjadi pendamping saya dalam menjalankan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang  yang menjadi teman diskusi anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang anda ambiltelah tepat dan efektif.

Yang akan mendampingi saya dalam menjalankan  keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dalam lingkungan sekolah adalah tentunya atasan, rekan sejawat, tenaga pendidik dan rekan-rekan dalam komunitas praktisi.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pameran Hasil Karya Siswa SDN Pannyangkalang Kec. Bajeng Kab. Gowa

PGP_2_Kab. Gowa_Nurqalbi_Aksi Nyata Modul 3

Pelatihan Jurnalistik PGRI Provinsi Sulawesi Selatan